Senin, 03 Agustus 2015

Begini Cara Memilih Penari Seblang di Banyuwangi

Fidyah Yuliaty, siswi strata tiga SDN 1 Glagah terpilih adalah penari Seblang pada ritual Seblang Olehsari yang diadakan sepanjang tujuh hari berturut-turut dalam bulan Syawal tapi warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Fidyah menggantikan penari sebelumnya, merupakan Suidah (19) yang sudah jadi penari Seblang selama tujuh tahun berturut-turut dalam ritual yang dipercaya yaitu tolak bala tapi masyarakat Using, Banyuwangi.

Area ritual dihiasi dan hasil kebun juga sawah masyarakat setempat. Hukum adat ritual tersebut diawali juga satu pawang memperoleh penari menuju panggung pertunjukan untuk memegang mahkota berupa omprok yang dihiasi janur kuning dengan beberapa beraneka bunga segar pada atasnya. Seusai ini para pawang membacakan mantra untuk memasukkan roh Sosok Hyang ke dalam tubuh sang penari.

Proses masuknya roh diawali serta Gending Lukinto, lalu disusul dan 28 lantunan gending yang dibawakan oleh sinden serta penabuh musik yang masih memetik ikatan darah Seblang dari penari penari dulunya.

Untuk buktikan roh telah masuk pada tubuh penari, pawang cukup menggoyangkan tubuh penari ke kanan serta ke kiri. Seumpama nyiru kosong yang mulai tadi dipegang penari jatuh dan badan penarinya terjungkal menuju belakang menandakan kalau penari sudah kerasukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar